Tony Sucipto

Pemain sepakbola tanah air yang dikenal sangat atraktif. Ia juga sempat mencicipi berbagai posisi, dan bersama klub terakhirnya saat ini Persib Bandung, ia menempati posisi pemain belakang. Tony Sucipto, begitu masyarakat penggemar sepakbola tanah air mengenal nama beliau.

Mengawali karir senior sejak tahun 2004 bersama Persijatim, Tony Sucipto mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 23 kali walaupun ini pengalaman pertamanya bermain untuk klub senior. Sayangnya, sampai tahun 2005 dimana ini menjadi tahun terakhirnya bersama klub Persijatim, tercatat ia tidak menyumbangkan 1 gol-pun untuk klub kebanggaan warga Jawa Timur tersebut. 

Pada tahun 2005 akhir ia memutuskan untuk hengkang ke klub Sriwijaya FC. Bersama klub senior keduanya ini ia bermain cukup panjang. Pengabdian yang diberikan Tony Sucipto bersama klub asal Palembang tersebut kurang lebih selama 6 tahun. Itu artinya, disini kemampuannya sebagai pesepak bola terasah. Total 112 penampilan dengan sumbangan 8 gol menjadi sumbangsih Tony Sucipto untuk klub berjuluk Elang Andalas Laskar Wong Kito tersebut. Berikut Biodata Tony Sucipto selengkapnya :

Tony Sucipto
Nama lengkap : Tony Sucipto
Tempat dan tanggal lahir : Surabaya, 12 februari 1986
Tinggi : 1.68 m (5 ft 6 in)
Posisi : Gelandang, Bek
Nomor punggung : 6
Warga negara : Indonesia

Persija Jakarta menjadi pelabuhan Tony Sucipto berikutnya untuk mempertajam karirnya di lapangan hijau. Pada akhir 2010, Tony Sucipto dikontrak oleh Persija untuk masa durasi kontrak 2 tahun. Jumlah penampilan yang ia lakoni bersama klub ketiga dalam karir seniornya ini terhitung lebih banyak dibandingkan dengan klub senior pertamanya dengan masa bakti yang sama, 2 tahun, total ia bermain sebanyak 24 kali dengan torehan 2 gol untuk klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut, itu artinya kemampuan Tony Sucipto mengalami peningkatan jika mengacu pada statistik di atas.

Sayang, pada tahun 2011 Persija Jakarta melepas Tony Sucipto ke Persib Bandung. Disinilah posisi baru sebagai pesepak bola ia dapatkan. Di bawah kepemimpinan pelatih Persib, Tony Sucipto ditempatkan dibagian pertahanan menemani Jajang Sukmara, Supardi Nasir, dan pemain belakang Maung Bandung lainnya.

Sosok Tony Sucipto  dikenal juga sebagai pemain langganan Timnas. Ia beberapa kali merasakan indahnya terpilih sebagai pesepak bola yang membela tanah air. Pada tahun 2002/2003 ia masuk dalam skuad Timnas U-17. Tahun 2004 U-19. 2006/2009 U-23. Dan yang terakhir Timnas Senior pada tahun 2010. Total selama membela negara Tony Sucipto telah menyumbangkan 3 gol, 2 gol saat membela Timnas U-23, 1 gol saat membela Timnas Senior.



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Profil & Biografi Pemain Sepak Bola Dunia. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger